RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami dasar-dasar penggunaan internet
dan intranet.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan
pengertian dasar internet dan intranet.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 40 menit
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Menjelaskan pengertian internet dan Intranet
2. Menyebutkan
kegunaan internet dan Intranet
3. Menjelaskan
perbedaan internet dan intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
MATERI PEMBELAJARAN
- Pengertian internet dan Intranet
- Kegunaan internet dan Intranet
- Perbedaan internet dan intranet
C.
METODE PEMBELAJARAN
·
Studi Pustaka, Diskusi, ceramah
dan tanya jawab
·
Pendekatan Model CTL
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan tentang kegunaan komputer
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku paket untuk mencari informasi
tentang internet/intranet.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari informasi dari media informasi lain tentang
internet/intranet.
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang internet/intranet.
E.
SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Buku
paket dan media informasi lain.
F.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan
pengertian:
-intranet
-internet
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian internet!
Jelaskan pengertian intranet!
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK
: .........................
|
............,
……………………. 20 …
Guru
Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK
: .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Memahami dasar-dasar penggunaan
internet/intranet.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2.
Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 40 menit
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan
internet
- Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan
intranet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
MATERI PEMBELAJARAN
- Dasar-dasar sistem
jaringan internet
- Dasar-dasar sistem jaringan intranet
C.
METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life
skill
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan tentang pengertian internet/intranet.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah
buku paket untuk mencari informasi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet
dan intranet.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang dasar-dasar sistem
jaringan internet dan intranet.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Perpustakaan,
buku paket dan media informasi lain.
F.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
Ø Menjelaskan
dasar-dasar sistem jaringan:
-internet
-intranet
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
|
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet
Jelaskan tentang jaringan:
-internet
-intranet
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK
: .........................
|
............,
……………………. 20 …
Guru
Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK
: .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1
. Memahami dasar-dasar penggunaan
internet/intranet.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Mengenal
ukuran kecepatan akses internet.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
1
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menjelaskan ukuran
kecepatan akses internet
- Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses
internet berdasarkan saluran yang digunakan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2
MATERI PEMBELAJARAN
- Ukuran kecepatan akses
internet
3
METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life
skill
4
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40
menit) :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan
internet/intranet.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah
buku paket untuk mencari informasi tentang ukuran kecepatan akses internet.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Menarik
kesimpulan.
F
Tugas
kliping tentang ukuran kecepatan akses internet.
Pertemuan kedua (2 x 40
menit) :
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan tentang bagian-bagian jaringan
internet/intranet.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah
hasil informasi tentang ukuran kecepatan akses internet dari kliping yang telah dibuat.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5
SUMBER PEMBELAJARAN
Buku
paket dan media informasi lain.
6
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan
ukuran kecepatan akses internet
Ø Mengidentifikasi
ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
|
Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
|
Uraian/
pilihan ganda
Tes indentifikasi
|
Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!
Indetifikasikan ukuran kecepatan akses internet sesuai
dengan koneksi internet yang tersedia!
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK
: .........................
|
............,
……………………. 20 …
Guru
Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK
: .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (Satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami dasar-dasar
penggunaan internet/intranet
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.4. Mengidentifikasi
perangkat keras yang digunakan dalam akses
internet/intranet
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Mengidentifikasi perangkat keras beserta
fungsinya untuk keperluan akses internet
- Mengidentifikasi
peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
- Mengidentifikasi fungsi perangkat keras yang
digunakan dalam internet
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
·
Persyaratan perangkat keras internet
·
Persyaratan perangkat
keras intranet
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life
skill
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
o
Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan
untuk internet
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi
perangkat keras internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Secara
kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk
perangkat keras internet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan
Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan
untuk intranet
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi
perangkat keras internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Secara
kelompik menelaah buku paket untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan untuk
perangkat keras intranet
F
Mengerjakan
lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan ketiga dan empat ( 2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan kepada siswa perangkat keras yang diperlukan
untuk internet
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengidentifikasi
perangkat keras internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Secara
kelompok menelaah melalui studi pustaka untuk mengetahui fungsi dari perangkat
keras internet
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok
F
Menarik
kesimpulan
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer,
koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.)
diperpustakaan.
F. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi
perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi
peralatan beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Ø Mengidentifikasi
fungsi dan perangkat yang digunakan akses internet
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah perangkat keras yang digunakan internet/
intranet!
Tunjukanlah peralatan yang digunakan internet dan
sebutkan fungsinya!
Tunjukkan peralatan yang digunakan internet!
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK
: .........................
|
............,
……………………. 20 …
Guru
Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK
: .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 1 (satu)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami dasar-dasar
penggunaan internet/intranet
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.5. Melakukan berbagai
cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menjelaskan cara-cara
sambungan internet
- Menunjukkan cara penyambungan
internet/intranet
- Memilih fungsi layanan yang paling efektif di
internet/intranet
- Menggunakan sambungan internet melalui
Dial-up(Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line
(2Mbps) atau Satelit)
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
·
Perangkat untuk
mengakses internet
·
Menghubungkan internet dengan menggunakan Dial-up
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life
skill
D. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara
menghubungkan internet
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengamati tata cara penyambungan
internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Peserta didik
membentuk kelompok diskusi
F
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.)
tentang penyambungan internet
F
Menentukan
sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan kedua ( 2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara
menghubungkan internet
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengamati tata cara penyambungan
internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Mengamati
perbedaan tata cara penyambungan internet
F
Menentukan
sambungan internet melalui saluran komunikasi paling sesuai (efektif)
F Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat
teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan ketiga dan keempat ( 2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menayangkan beberapa contoh tentang tata cara
menghubungkan internet
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melakukan
sambungan internet menggunakan Dial-Up
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat
teknologi informasi dan komunikasi
E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Komputer,
koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah, Buletin Internet, dsb.)
F. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menjelaskan
beberapa cara sambungan internet/intranet
Ø Melakukan
sambungan Internet menggunakan Dial-up (Saluran komunikasi lainnya
misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Satelit).
|
Tes tertulis
Tes praktik (kinerja)
|
Uraian
Tes uji kerja
|
Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan
dial-up
Lakukan penyambungan internet menggunakan Dial-up
(Saluran komunikasi lainnya misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau
Satelit)!
|
Lembar Observasi
Instrumen
|
Skala Kuantitatif
|
Nilai 2 [(Jumlah/8)*10]
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menunjukkan
cara menghubungkan internet menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line (2
Mbps) atau Satelit
|
|||||
2
|
Tunjukanlah
perbedaan saluran komunikasi menggunakan Dial-up, ISDN (64 Kbps), Wave Line
(2 Mbps) atau Satelit
|
|||||
Jumlah
|
Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
|
Skala Kuantitatif
|
Nilai 3
[(Jumlah/4)* 10]
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menghubungkan internet menggunakan Dial-up
|
|||||
Jumlah
|
Keterangan :
Penilaian
Nilai KD = (
Nilai 1 + Nilai 2 + Nilai 3)/2
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK
: .........................
|
............,
……………………. 20 …
Guru
Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK
: .............................
|