Selamat Datang Di Web Pak Ruben SMP Negeri 2 Pecangaan Jepara BLOG GURU TIK

Jumat, 25 Februari 2022

MATERI EMAIL KELAS IX SEMESTER 2

Pengertian Email Secara Umum Apa itu Email? Pengertian Email atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet. Pesan digital atau surat elektronik tersebut dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer/ laptop dan gadget lainnya, seperti smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet. Bila jaman dulu mengirim surat menggunakan kertas dan tinta dimana proses pengirimannya bisa berhari-hari, saat ini mengirim pesan via email hanya butuh waktu beberapa detik saja. Saat ini, mengirim pesan via email merupakan salah satu cara yang paling efisien, cepat, dan murah. Artikel terkait: Cara Membuat Email Cara Kerja Email Sebenarnya cara kerja email ini cukup sederhana. Sama seperti ketika kita menulis surat kepada orang lain. Bedanya, dengan email kita bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin kita kirim juga. Berikut ini adalah proses cara kerja email secara singkat:
Ilustrasi cara kerja email 
1. Pemilik email membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim. 
2. Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya. 
3. Email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan. Terkadang sebuah email dikirim melalui beberapa email server, tergantung rute yang dilaluinya. 
4. Ketika pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di email server hingga si penerima membukanya. 
5. Saat penerima membuka pesan di kotak pos/ inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email. 
6. Selanjutnya, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi. Fungsi dan Manfaat Email Mengacu pada pengertian email di atas, maka fungsi dan manfaat email secara umum adalah untuk mengirimkan pesan atau surat kepada orang lain. 
Lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa fungsi email selengkapnya: 
1. Mengirim dan Menerima Pesan
Ilustrasi Mengirim dan Menerima Pesan Kegunaan email yang paling umum adalah untuk mengirim dan menerima email dari orang lain di manapun mereka berada. Pesan tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik saja. Namun, tentu saja kecepatan tersebut dipengaruhi oleh kecepatan internet, baik si pengirim atau si penerima email. 
2. Mengirim dan Menerima File
Ilustrasi attachment Email juga dapat mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu, baik itu foto, video, teks, dan lain-lain. Biasanya file (baca: pengertian file) tersebut ditambahkan di dalam lampiran (attachment) pada email. 

3. Sebagai Identitas Diri Email juga berfungsi sebagai identitas diri di internet dimana orang lain dapat menghubungi pengguna email melalui alamat email miliknya. Dalam berbagai aspek, penggunaan email bagi seseorang sudah menjadi kewajiban. Email seringkali menjadi syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai layanan digital, misalnya untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain-lain. 

4. Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs
Sebagian besar layanan website (baca: pengertian website) saat ini membutuhkan email penggunanya agar bisa melakukan aktivitas di website tersebut. Mulai dari situs media sosia, situs e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya, mengharuskan pengguna mendaftarkan email. Berbagai layanan website tersebut membutuhkan verifikasi dari penggunanya, dan ini hanya bisa dilakukan bila penggunanya memiliki alamat email yang valid. 

5. Email untuk Media Pemasaran
Ilustrasi email untuk pemasaran Pemasaran online saat ini banyak dilakukan dengan memanfaatkan email. Dan sebagian besar pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualan. Pemasaran melalui email merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Dan hingga saat ini email marketing masih termasuk jenis pemasaran online yang sangat efektif. Jenis-Jenis Email Mengacu pada pengertian email di atas, email dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu POP mail, Webmail, dan forward mail. 

Berikut penjelasan ketiganya: 
1. POP Mail Pengertian POP mail (Post Office Protocol) adalah jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP (baca: pengertian ISP) yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya. 
2. Webmail Pengertian webmail adalah email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut. 
3. Forward Mail Pengertian forward mail adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email. Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian email, fungsi dan manfaat email, cara kerja email, dan jenis-jenis email pada umumnya. Semoga bermanfaat !!

Kerjakan Tugas Link Dibawah ini dengan benar !!! 


Semoga mendapat nilai yang memuaskan!!

Minggu, 08 Januari 2017

Macam - macam antivirus terbaik

Seringkali komputer kita mengalami kerusakan karena disebabkan oleh virus yang merajalela. Dan entah siapa yang membuatnya dan apa tujuannya, mereka selalu meng-update virus-virus yang dipergunakan untuk merusak jaringan atau sistem suatu komputer. Peran Antivirus terbaik sangat diperlukan dalam kasus ini.
Seperti halnya Black Hat dan White Hat yang berperang melalui cyber, antivirus juga memerangi virus yang merajalela. Nah, apa sajakah yang sebaiknya kita lakukan? Pemilihan antivirus dari kumpulan macam-macam antivirus terbaik 2011 yang biasanya sudah update dari macam-maca antivirus terbaik 2010 ini pasti akan membantu anda dalam membasmi virus dalam komputer anda. Apa sajakah antivirus terbaik 2011yang bisa kita gunakan? Berikut selengkapnya.
  1. BitDefender Antivirus 2011
    Antivirus yang menggunakan algoritma teknologi canggih dan metode untuk mengidentifikasi resiko keamanan dan ancaman bahkan sebelum mengetahui akan membahayakan komputer Anda. Hal ini digunakan oleh jutaan pengguna komputer di seluruh dunia dan juga harga dari perangkat lunak antivirus ini yang cukup terjangkau.
  2. Norton Antivirus 2011
    Symantec Corporation kembali merilis Norton Antivirus terbaru untuk 2011. Kelebihannya masih di fitur-fitur baru yang tidak Anda temukan dalam antivirus yang lain, seperti autofix technology yang memprediksi kerusakan dalam komputer dan memperbaikinya.
  3. F-Secure Antivirus 2011
    F-Secure adalah tool security terkenal di dunia keamanan PC dan keamanan dunia mobile. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam industri keamanan, F-secure menawarkan perangkat lunak antivirus yang unik hi-tech untuk melindungi komputer Anda terhadap virus yang paling berbahaya dan spyware.
  4. ESET Nod32 Antivirus 4
    ESET NOD32 Antivirus diproduksi oleh ESET. Antivirus ini merupakan versi keempat. ESET secara proaktif mendeteksi dan menonaktifkan berbagai virus, trojan, worm, adware, spyware, phishing, dan rootkit. ESET NOD32 juga memiliki pemindaian yang canggih serta kontrol akses untuk media-media portabel.
  5. TrendMicro Titanium Antivirus 2011
    Anda mungkin dulu mengenalnya dengan nama PC-Cillin dan diperoduksi oleh Trend Micro. Fitur unggulannya adalah keberadaan cloud security untuk perlindungan real time dan juga update real time. Meski demikian Trend Micro Titanium memiliki beberapa kelemahan, salah satunya di harga yang cenderung lebih mahal, dan relatif lambat dalam proses scanning.
  6. Kaspersky Antivirus 2011
    Kaspersky Anti-Virus melindungi komputer Anda terhadap ancaman yang tak dikenal dan tidak diketahui, serta data yang tidak diinginkan. Kaspersky memantau kegiatan sistem aplikasi oleh pengguna, sehingga mencegah tindakan berbahaya.Sepenuhnya kompatibel dengan Windows 7, Kaspersky menyediakan software keamanan untuk komputer rumahan, komputer bisnis dan perusahaan.
  7. Zonealarm Antivirus 2011
    Tidak banyak situs yang mereview antivirus ini, salah satu sebabnya karena ZoneAlarm belum disertifikasi oleh tiga lembaga laboratorium pengujian independen, yaitu Virus Bulletin, Checkmark dan ICSA. ZoneAlarm kompatibel dengan Windows 7, meski banyak antivirus yang belum sesuai dengan sistem operasi tersebut.ZoneAlarm Antivirus 2011 scan mampu mendeteksi dan menghilangkan virus, spyware, trojan, worm, bot dan kode berbahaya lainnya yang dapat membahayakan komputer Anda.
  8. AVG Antivirus 9.0
    AVG Anti-Virus 2011 mempunyai dua kelebihan yaitu pada LinkScanner dan Social Networking Protection. Hampir sama dengan Avira, terkadang AVG sangat overprotektif terhadap program yang tidak mereka kenal, dan dianggap sebagai virus atau malware.AVG menawarkan perangkat lunak antivirus cepat untuk komputer rumahan dan pengguna komputer kantor. Perangkat lunak ini memberikan perlindungan yang maksimal selama modus sistem sumber daya (screensarver), tidak memperlambat komputer saat scanning dan / atau memperbarui definisi.
  9. McAfee Antivirus Plus 2011
    McAfee adalah salah satu perusahaan tertua dan paling berpengalaman dalam industri keamanan komputer. McAfee Antivirus Plus 2011 adalah versi perbaikan dan jauh lebih cepat dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya. Dengan ribuan virus baru yang diciptakan setiap hari, bergantung pada update manual sudah tidak cukup lagi. Maka dari itu McAfee mengeluarkan teknologi Active Protection yang memainkan peran penting. Meskipun antivirus McAfee lebih lambat dibandingkan dengan perangkat lunak antivirus lain, tapi tetap saja kuat untuk desktop dan notebook.
  10. CA Antivirus 2011
    CA antivirus plus antispyware 2011 adalah perangkat lunak antivirus yang mampu melindungi desktop dan / atau notebook dari virus berbahaya, spyware, trojan, hacker dan banyak lagi

Soal TIK Kelas 9 Semester 2

kerjakan Soal2 di bawah ini dengan benar:

RPP TIK Kelas 9 Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah  
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar
:
2.1. Mendemontrasikan akses internet  sesuai dengan prosedur
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit


A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
  • Menggunakan  perangkat lunak  untuk mengakses internet
  • Menuliskan nama domain internet
  • Membuka situs
  • Menunjukkan  situs yan menyediakan search engine internet
  • Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN

Akses internet
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Penulisan nama domain
Search engine

C.     METODE PEMBELAJARAN

Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life skill

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan beberapa contoh tentang tentang penggunaan internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengamati perangkat lunak  yang terinstal dikomputer yang digunakan mengakses internet 
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang Perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Membuka perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F  Melakukan pengetikan domain pada adreess bar
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F  Merapikan kembali ruang lab komputer

Pertemuan kedua ( 2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan beberapa contoh tentang tentang penggunaan internet
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengamati perangkat lunak  yang terinstal dikomputer yang digunakan mengakses internet 
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang Perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F  Merapikan kembali ruang lab komputer

Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi (dideskripsikan)
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang situs yang menyediakan search engine
F  Membuka situs yang menyediakan search engine
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Melakukan pelacakan web dan informasi melalui fasilitas search engine
F  Mengerjakan lembar kerja

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran akses internet

Pertemuan keempat (2 x 40 menit)
Tes unjuk kerja perorangan
           

E.     SUMBER PEMBELAJARAN

Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.)

F.     PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet

Ø  Mengidentifikasi nama domain internet


Ø  Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine
Observasi



Tes
Praktik (kinerja)

Tes
Praktik (kinerja)
Lembar observasi


Tes uji kerja


Tes uji kerja
Tunjukkanlah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet!

Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi, dan pendidikan yang ada di internet!

Carilah situs tentang  penjualan komputer!



Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai 1 [(Jumlah/8)*10]
4
3
2
1
1
Menunjukkan perangkat lunak untuk mengakses internet





2
Menunjukkan situs yang meyediakan fasilitas search engine





Jumlah



Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai 2
[(Jumlah/16)* 10]
4
3
2
1
1
Membuka perangkat lunak untuk mengakses internet





2
Penulisan domain




3
Membuka situs




4
Mencari situs/ informasi





Jumlah





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2.    Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar
:
2.2.Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
  • Mengidentifikasi layanan yang ada di internet
  • Mengidentifikasi manfaat layanan internet
  • Menambahkan alamat website ke menu Favorites
  • Menentukan jenis layanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
·         Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
·         Contoh content beberapa situs dengan layanan yang disediakan
·         Search engine
·         Sistematika pengelompokkan layanan website

C.     METODE PEMBELAJARAN

1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik melakukan koneksi Internet
F  Mencari jenis jenis layanan yang disediakan
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Mencari  informasi tertentu (disediakan oleh guru)
F  Mengelompokkan layanan informasi yang ditemukan berikut domain website nya

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan kedua  (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Mengidentifikasi manfaat layanan internet
F  Menemukan manfaat dari layanan internet
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik melakukan koneksi Internet
F  Peserta didik Menambahkan alamat website ke menu Favorites
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mencari jenis-jenis layanan yang disediakan
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan keempat ( 2 x 40 menit)
2.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menayangkan content beberapa situs
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

3.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik melakukan koneksi Internet
F  Peserta didik Studi pustaka tentang layanan yang ada di internet
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Mencari layanan yang disediakan website tertentu (ex.Plasa.com)
F  Mencari  informasi tertentu (disediakan oleh guru)
F  Mengerjakan lembar kerja


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan kebermanfaatannya
           
E.     SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.)

F.      PENILAIAN 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi layanan yang ada di internet

Ø  Mengidentifikasi manfaat layanan internet

Observasi


Tes tertulis

Lembar observasi

Uraian

Tunjukkanlah  layanan yang terdapat di internet!

Jelaskan manfaat layanan internet!


Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 1 [(Jumlah/16)*10]
4
3
2
1
1
Menyebutkan layanan yang terdapat di internet





2
Menjelaskan manfaat layanan internet




3
Mengelompokkan jenis layanan yang ditemukan





4
Memberikan contoh-contoh beberapa situs beserta layanan yang disediakan






Jumlah



Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 2
[(Jumlah/16)* 10]
4
3
2
1
1
Bukalah internet dengan perangkat lunak yang telah terinstal di komputer!





2
Temukan beberapa situs komersial, pemerintah, pendidikan dll




3
Membuka situs yang telah ditemukan




4
Menemukan beberapa layanan internet yang disediakan masing-masing situs





Jumlah



*) Skor kuantitatif disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan 
    kegiatan yang diperintahkan, dengan rentang skor 1 – 4.



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Nama Sekolah  
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Kompetensi Dasar
:
2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi    yang bermanfaat
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
  • Melacak informasi dengan mengakses internet.
  • Mengidentifikasi langkah langkah download
  • Melakukan pengambilan informasi tertentu.
  • Melakukan pengolahan informasi dengan program yang sesuai

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN

·         Mengakses internet
·         Melakukan pencarian informasi tertentu dengan search engine
·         Menampilkan informasi yang diinginkan (gambar, tulisan, suara, movie)
·         Mendownload informasi
·         Mengolah informasi sesuai dengan program aplikasi
·         Menyajikan informasi agar menarik dalam bentuk proyek

C.     METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Pendekatan Model CTL dan life skill

D.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama dan kedua ( 4 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi
·         Menunjukkan beberapa contoh hasil pengolahan download berikut aplikasi yang sesuai (gambar, suara, tulisan, movie, dll)
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Menghubungkan ke internet
F  Peserta didik dapat  Menggunakan search engine untuk mencari informasi
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Men-down load- informasi yang di inginkan
F  Mengelompokkan hasi informasi yang di download

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menunjukkan contoh-contoh hasil informasi yang di download siswa
F  Merefleksi hasil kerja siswa sementara
F  Mengembalikan ke kondisi awal.

Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Melakukan proses download dengan mengambil beberapa informasi yang diperlukan
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Memberikan apresiasi terhadap hasil karya siswa

Pertemuan keempat (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Review materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik dapat  Mengolah informasi yang di download dengan program aplikasi yang sesuai
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Menyajikan hasil pengolahan informasi dalam bentuk presentasi
F  Mereview hasil kerja antar siswa

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Memberikan apresiasi terhadap hasil karya siswa

E.      SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer, koneksi internet, lembar kerja, CD-Blank, CD Burner, media cetak (buku, majalah dsb.)

F.      PENILAIAN 

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Men-download informasi



Ø  Mengelolah informasi menggunakan program aplikasi
Penugasan individual atau kelompok



Proyek





Carilah beberapa informasi yang terdapat di internet, download informasinya dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program aplikasi yang sesuai

Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 1 [(Jumlah/12)*10]
4
3
2
1
1
Menemukan jenis-jenis informasi di internet





2
Mendownload informasi, Mengelompokkan




3
Pengolahan informasi dengan aplikasi yang sesuai






Jumlah





Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantitatif*)
Nilai 2
[(Jumlah/20)* 10]
4
3
2
1
1
Membuka internet dengan perangkat lunak terinstall





2
Memukan beberapa informasi menarik




3
Mendownload info yang diinginkan dan simpan




4
Mengolah dengan aplikasi yang sesuai




5
Mempresentasi






Jumlah



*) Skor kuantitatif disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan 
    kegiatan yang diperintahkan, dengan rentang skor 1 – 4.

                                                                       

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................