RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 2 (dua)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Menggunakan Internet
untuk memperoleh informasi
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1.
Mendemontrasikan akses internet sesuai
dengan prosedur
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit
|
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Menggunakan perangkat lunak untuk mengakses internet
- Menuliskan nama domain internet
- Membuka situs
- Menunjukkan
situs yan menyediakan search engine internet
- Melakukan pelacakan alamat Web melalui search
engine
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Akses internet
Perangkat lunak yang digunakan
untuk mengakses internet
Penulisan nama domain
Search engine
C. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah dan tanya jawab
Pendekatan Model CTL dan life
skill
D. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama ( 2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menayangkan beberapa contoh tentang tentang penggunaan
internet
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengamati
perangkat lunak yang terinstal
dikomputer yang digunakan mengakses internet
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.)
tentang Perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Membuka
perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F
Melakukan
pengetikan domain pada adreess bar
F
Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F
Merapikan
kembali ruang lab komputer
Pertemuan kedua ( 2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menayangkan beberapa contoh tentang tentang penggunaan
internet
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Mengamati
perangkat lunak yang terinstal
dikomputer yang digunakan mengakses internet
F Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.)
tentang Perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F
Merapikan
kembali ruang lab komputer
Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi (dideskripsikan)
2. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik
Mencari informasi di media cetak (buku,
majalah dsb.) tentang situs yang menyediakan search engine
F Membuka situs yang menyediakan search engine
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Peserta
didik membentuk kelompok diskusi
F
Melakukan
pelacakan web dan informasi melalui fasilitas search engine
F
Mengerjakan lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran akses internet
Pertemuan keempat (2 x 40 menit)
Tes unjuk kerja perorangan
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Komputer,
koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.)
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi
perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
Ø Mengidentifikasi nama domain
internet
Ø Melakukan
pelacakan alamat Web melalui search
engine
|
Observasi
Tes
Praktik (kinerja)
Tes
Praktik (kinerja)
|
Lembar observasi
Tes uji kerja
Tes uji kerja
|
Tunjukkanlah perangkat lunak yang digunakan untuk
mengakses internet!
Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi, dan
pendidikan yang ada di internet!
Carilah situs tentang
penjualan komputer!
|
Lembar Observasi
Instrumen
|
Skala Kuantitatif
|
Nilai 1 [(Jumlah/8)*10]
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menunjukkan perangkat lunak untuk mengakses internet
|
|
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan situs yang meyediakan fasilitas search
engine
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
|
Skala Kuantitatif
|
Nilai 2
[(Jumlah/16)* 10]
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Membuka perangkat lunak untuk mengakses internet
|
|
|
|
|
|
2
|
Penulisan
domain
|
|
|
|
|
|
3
|
Membuka
situs
|
|
|
|
|
|
4
|
Mencari situs/ informasi
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK
: .........................
|
|
............,
……………………. 20 …
Guru
Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK
: .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 2 (dua)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Menggunakan Internet
untuk memperoleh informasi
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2.Mengidentifikasi
beberapa layanan informasi yang ada di internet
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Mengidentifikasi layanan yang ada di internet
- Mengidentifikasi manfaat layanan internet
- Menambahkan alamat website ke
menu Favorites
- Menentukan jenis layanan informasi yang
sesuai dengan kebutuhan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI PEMBELAJARAN
Akses internet
·
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
·
Contoh content beberapa situs dengan layanan yang
disediakan
·
Search
engine
·
Sistematika
pengelompokkan layanan website
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Review materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik
melakukan koneksi Internet
F
Mencari
jenis jenis layanan yang disediakan
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Mencari informasi tertentu (disediakan oleh guru)
F Mengelompokkan layanan informasi yang ditemukan berikut
domain website nya
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan
kebermanfaatannya
F Mengembalikan ke kondisi awal.
Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Motivasi dan Review materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik
Mengidentifikasi
manfaat layanan internet
F Menemukan manfaat dari layanan
internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan
kebermanfaatannya
F Mengembalikan ke kondisi awal.
Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Review materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melakukan koneksi Internet
F Peserta didik
Menambahkan alamat website ke menu Favorites
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari jenis-jenis
layanan yang disediakan
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik
kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan kebutuhan dan
kebermanfaatannya
F Mengembalikan ke kondisi awal.
Pertemuan keempat ( 2 x 40 menit)
2. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menayangkan
content
beberapa situs
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
3.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melakukan koneksi Internet
F Peserta didik Studi pustaka tentang layanan yang ada di internet
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Mencari
layanan yang disediakan website tertentu (ex.Plasa.com)
F
Mencari informasi tertentu (disediakan oleh guru)
F
Mengerjakan
lembar kerja
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang layanan internet sesuai dengan
kebutuhan dan kebermanfaatannya
E. SUMBER / ALAT PEMBELAJARAN
Komputer,
koneksi internet, lembar kerja, media cetak (buku, majalah dsb.)
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi
layanan yang ada di internet
Ø Mengidentifikasi
manfaat layanan internet
|
Observasi
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Uraian
|
Tunjukkanlah
layanan yang terdapat di internet!
Jelaskan manfaat layanan internet!
|
Lembar Observasi
Instrumen
|
Skala Kuantitatif*)
|
Nilai 1 [(Jumlah/16)*10]
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menyebutkan
layanan yang terdapat di internet
|
|
|
|
|
|
2
|
Menjelaskan
manfaat layanan internet
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengelompokkan jenis layanan yang ditemukan
|
|
|
|
|
|
4
|
Memberikan
contoh-contoh beberapa situs beserta layanan yang disediakan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
|
Skala Kuantitatif*)
|
Nilai 2
[(Jumlah/16)* 10]
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Bukalah internet dengan perangkat lunak yang telah
terinstal di komputer!
|
|
|
|
|
|
2
|
Temukan beberapa situs komersial,
pemerintah, pendidikan dll
|
|
|
|
|
|
3
|
Membuka situs yang telah ditemukan
|
|
|
|
|
|
4
|
Menemukan beberapa layanan internet yang disediakan
masing-masing situs
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
*)
Skor kuantitatif disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan
kegiatan yang diperintahkan, dengan rentang skor 1 – 4.
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK
: .........................
|
|
............,
……………………. 20 …
Guru
Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK
: .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX (sembilan)/ 2 (dua)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Menggunakan Internet untuk
memperoleh informasi
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.3.
Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit
|
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
- Melacak informasi dengan mengakses internet.
- Mengidentifikasi langkah langkah download
- Melakukan pengambilan informasi tertentu.
- Melakukan pengolahan
informasi dengan program yang sesuai
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Mengakses internet
·
Melakukan pencarian informasi tertentu dengan search
engine
·
Menampilkan informasi yang diinginkan (gambar, tulisan,
suara, movie)
·
Mendownload
informasi
·
Mengolah
informasi sesuai dengan program aplikasi
·
Menyajikan informasi agar menarik dalam bentuk proyek
C. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan
Pendekatan Model CTL dan life
skill
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua ( 4 x
40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi
·
Menunjukkan beberapa contoh hasil pengolahan download
berikut aplikasi yang sesuai (gambar, suara, tulisan, movie, dll)
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menghubungkan ke internet
F Peserta didik dapat Menggunakan search engine untuk mencari informasi
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Men-down load-
informasi yang di inginkan
F Mengelompokkan hasi informasi yang di download
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Menunjukkan
contoh-contoh hasil informasi yang di download siswa
F
Merefleksi
hasil kerja siswa sementara
F Mengembalikan ke kondisi awal.
Pertemuan ketiga (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Review materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Melakukan proses download dengan mengambil beberapa
informasi yang diperlukan
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Memberikan apresiasi terhadap hasil karya
siswa
Pertemuan keempat (2 x 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Review materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat
Mengolah
informasi yang di download dengan program aplikasi yang sesuai
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
Menyajikan
hasil pengolahan informasi dalam bentuk presentasi
F
Mereview
hasil kerja
antar siswa
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Memberikan apresiasi terhadap hasil karya
siswa
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Komputer,
koneksi internet, lembar kerja, CD-Blank, CD Burner, media cetak (buku, majalah
dsb.)
F. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Men-download informasi
Ø Mengelolah
informasi menggunakan program aplikasi
|
Penugasan individual atau
kelompok
|
Proyek
|
Carilah beberapa informasi yang terdapat di internet,
download informasinya dan olah informasi tersebut dengan menggunakan program
aplikasi yang sesuai
|
Lembar Observasi
Instrumen
|
Skala Kuantitatif*)
|
Nilai 1 [(Jumlah/12)*10]
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menemukan
jenis-jenis informasi di internet
|
|
|
|
|
|
2
|
Mendownload
informasi, Mengelompokkan
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengolahan informasi dengan aplikasi yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
|
Skala Kuantitatif*)
|
Nilai 2
[(Jumlah/20)* 10]
|
||||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Membuka internet dengan perangkat lunak terinstall
|
|
|
|
|
|
2
|
Memukan
beberapa informasi menarik
|
|
|
|
|
|
3
|
Mendownload info yang diinginkan dan simpan
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengolah dengan aplikasi yang sesuai
|
|
|
|
|
|
5
|
Mempresentasi
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
*)
Skor kuantitatif disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam melaksanakan
kegiatan yang diperintahkan, dengan rentang skor 1 – 4.
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ............
( ..........................................
)
NIP/NIK
: .........................
|
|
............,
……………………. 20 …
Guru
Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK
: .............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar